Selamat Datang Di Blog Defi

Selasa, 16 Maret 2010

About Computer

KOMPUTER
“Pengantar Komputer”, artinya pengenalan pada computer, bagian ini akan membahas segala hal yang berhubungan dengan komputer baik secra fisik (computer sebagai sebuah alat) maupun non fisik (pengoperasiannya).

1.Pengertian Komputer
Kata “Komputer” berasal dari bahasa Inggris “to compute”, yang berarti menghitung. Sedangkan “computer” berarti alat penghitung. Kemudian kata computer tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi komputer. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, komputer. Berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki, computer dapat didefinisikan sebgai peralatan elektronik yang bekerja secara koordinatif dan integrative berdasakan program, dapat menerima masukan berupa data, mengolahnya dalam memori, dan menampilkan hasil berupa informasi.

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.


Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.

Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.

Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

·menerima input

·memproses input tadi sesuai dengan programnya

·menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

·menyediakan output dalam bentuk informasi

Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

2.Fungsi (Kegunaan) Komputer
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah :

a. Bidang Pendidikan
Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.

b. Bidang Kesehatan
Mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.

c. Bidang Transportasi
Dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam kmputer.
Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.

d. Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat, cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.

e. Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.

f. Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.

g. Bidang Jasa Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.

h. Bidang Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.

i. Bidang Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat tinggi.

j. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawan-lawanya.

k. Bidang Olah Raga
Pertandingan sepak bola piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.

l. Pabrik Sepatu
Proses pembuatan sol sepatu dalam berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.


3.Sejarah Komputer
Sejarah komputer sudah dimulai sejak zaman dahulu kala. Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanja, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah Komputer menurut periodenya adalah:
1. Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
2. Komputer Generasi Pertama
3. Komputer Generasi Kedua
4. Komputer Generasi Ketiga
5. Komputer Generasi Keempat
6. Komputer Generasi Kelima
Komputer modern ditandai dengan kelahiran computer elektronik yang disebut dengan ENIAC (Electronical Numerical Integrator and Computer). Komputer ini diciptakan pada tahun 1946 di universitas Pensilvanya, Amerika Serikat, oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, Jr. Pada awalnya ditujukan untuk melakukan perhitungan balistik. Namun, ketika selesai dibuat, ENIAC merupakan komputer yang serba guna.
Hingga sekarang, komputer-komputer yang telah diciptakan dapat dibagi menjadi lima generasi: generasi pertama generasi kedua, generasi ketiga, generasi keempat dan generasi kelima. Antara generasi keempat dan kelima seringkali sulit dibedakan karena tidak ada kesepakatan yang jelas untuk mendefinisikannya. Dalam beberapa literature, generasi computer hingga saat ini terbatas pada empat saja. Tabel dibawah ini memerlihatkan karakteristik computer pada berbagai generasi (Turban, McLean, dan Wetherbe, 1999).

Rancangan computer elektronik dibuat pertama kali oleh John Atanasoff dari Amerika Serikat pada tahun 1942 dan terus berkembang hingga sekarang. Periodisasi komputer dapat digambarkan sebagai berikut:

a.Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik

Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.
Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (18901974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

b.Komputer Generasi Pertama
Era computer generasi pertama berkisar antara 1946 sampai dengan 1956. Beberapa literature memberikan jangkauan sampai tahun 1959. Ciri-ciri computer generasi pertama yakni menggunakan tabung hampa (vacuum-tube) sebagai komponen utama untuk meyimpan dan memproses informasi. Tidaklah mengherankan jika ukuran computer menjadi sangat besar.
Pada waktu Perang Dunia Kedua, negara-negara yang ikut dalam perang tersebut terus berusaha untuk mengembangkan komputer yang akan digunakan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Karena hal ini, maka adanya peningkatan pendanaan dari negara untuk mempercepat pengembangan komputer serta kemajuan teknik komputer.
Dan pada tahun 1941, seorang insinyur jerman – Konrad Zuse berhasil membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan juga peluru kendali.

Dilain pihak, pihal sekutu juga membuat kemajuan dalam hal pengembangan kekuatan komputer. Dan pihak Inggris pada tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang diberi nama Colossus, untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan militer Jerman. Dan dampak dari pembuatan Colussus ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan industri komputer dikarenakan beberapa alasan yaitu:
• Colossus bukan merupakan komputer general (serba guna), hanya digunakan untuk memecahkan kode rahasia saja.
• Dan keberadaan komputer ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Disamping itu, ada usaha lain yang dilakukan pihak Amerika Serikat pada waktu itu dan berhasil mencapai kemajuan lainnnya, yaitu seorang insinyur Harvard – Howard H.Aiken (1900-1973) yang bekerja dengan IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Lalu perkembangan komputer lain pada masa itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer tersebut dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data.
Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Tabung hampa tersusun atas filament dan lempengan logam yang diletakkan dalam tabung gelas. Komponen ini digunakan sebagai saklar hidup-mati yang dimaksud untuk menggantikan saklar mekanis. Sekalipun saklar dakam tabung bekerja lebih baik darioada saklar mekanis, tabung hampa memiliki kelemahan dalam hal membutuhkan daya listrik yang besar dan menimbulkan panas.
Sebagai gambaran, ENIAC melibatkan 19.000 tabung hampa. Luas lantai yang diperlukan sebesar 15.000 kaki persegi dengan berat ebih dari 30 ton. Kemampuan untuk melakukan perhitungan adalah sebanyak 5.000 penjumlahan atau 500 perkalian dalam setiap menit. Daya listrik yang diperlukan sebesar 200 kilowatt.
Memori yang digunakan berupa:
1. Delai line
2. Tabung elektrolistik
3. Drum Magnetik
Selain ENIAC, yang termasuk sebagai computer generasi pertama adalah:
1. Burroughs 205, 220
2. CADAC 100 series
3. Datamatic 1000
4. Datatron 203, 204, dan 205
5. EDVAC
6. Harvard Mark III dan IV
7. IBM 701, 702, 650, 704, dan 79
8. NCR 120, 200 series
9. RCA Bizmac
10. SEAC, SWAC
11. UNIVAC I dan II
12. Whirlind I

c. Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Masa computer generasi kedua berkisar antara 1957 sampai dengan 1963. Jika computer generasi pertama menggunakan tabung hampa, computer generasi kedua memakai transistor yang berukuran relative jauh lebih kecil, lebih handal, lebih murah, dan tidk sepanas tabung hampa. Semua komputer generasi kedua menggunakan memori berupa inti magnetic.
Peningkatan kemampuan computer cukup besar dan computer mulai digunakan secara luas untuk aplikasi sains dan bisnis.
Contoh computer yang termasuk generasi ini:
1. CDC 1604, 3600
2. Ferranti Atlas
3. Honeywell 800
4. IBM seri 700 dan IBM seri 1400
5. Philco 2000
6. RCA 302, 501
7. UNIVAC III, 1107

d. Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum,namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.Jack Kilby,seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori computer.
Era generasi ketiga berkisar antara tahun 1964 sampai dengan 1979. Komputer pada masa ini menggunakan komponen IC (IIntegrated circuit ). Sebagaimana diketahui, sebuah IC mengandung ratusan hingga ribuan transistor. Selain tiu, juga mengandung ratusan hingga ribuan transistor. Selain itu, juga mengandung resistor dan diode. Mengingat komponen-komponen elektronika terletak pada sekeping material semikonduktor, pengkawatan menjadi berkurang drastis dan jarak tempuh electron menjadi sangat pendek. Oleh karena itu, ukuran komputer generasi ketiga menjadi lebih relative kecil dan memiliki kemampuan yang jauh meningkat daripada computer generasi kedua.
Era generasi ini ditandai dengan kemunculan IBM S/360 pada tanggal 7 April 1964. Pada masa ini, komputer awalnya masih menggunakan inti magnetik sebagai memori utama. Pada perkembangan selanjutnya memori yang digunakan dibuat dari bahan semikonduktor. Peningkatan ukuran memori dan kecepatan eksekusi cukup drastis.
Contoh computer yang termasuk dalam generasi ini:
1. Amdahl 470 VC/6 system
2. Burroughs B5500, B6700, 1700
3. CDC 6000
4. Cyber 70 Series
5. DEC PDP-10, 11
6. GE 400, 600
7. Honeywell 200 series
8. Honeywell 2000, 6000
9. IBM S/360, S/370, System 3
10. NCR Century
11. RCA Spectra 70
12. UNIVAC 1108, 1110, 9400
13. Sejumlah minicomputer (Vendor: Hewlet Packard, DEC, Prime, Wang, Tandem, Perkin-Elmer, dsb)

e. Komputer Generasi Keempat
Era computer generasi keempat dimulai tahun 1980 dan berlangsung hingga sekarang. Ditandai dengan penggunaan teknologi LSI (large scale integration) dan VLSI (very large scale integrated). Teknologi VLSI memungkinkan sebuah chip yang berukuran kecil dapat mengandung ratusan ribu transistor dan komponen elektronika yang lain.
Melalui teknologi VLSI, sebuah chip dapat menampung hal-hal yang dibutuhkan oleh sebuah computer. Pada tahun 1971, Intel berhasil membuat sebuah mikroprosesor (Intel 4004).
Yang termasuk dalam kategori generasi ini:
1. IBM PC
2. IBM AS/400
3. Fujitsu DS/90
Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja,efisiensi dan juga kehandalan komputer.Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori,dan kendali input/output) dalam sebuah chip yangsangat kecil.Sebelumnya,IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang,sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan.Tidak lama kemudian,setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven,televisi,dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.Pada pertengahan tahun 1970-an,perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.Komputer-komputer ini,yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam.Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah.Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982.Sepuluh tahun kemudian,65 juta PC digunakan.Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon,dsb.Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,piranti lunak,informasi,dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung,disebut juga Local Area Network (LAN),atau kabel telepon,jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.



f. Komputer Generasi Kelima
Berbeda dengan empat generasi sebelumnya yang mendasarkan pada arsitektur Von Neuman, computer generasi kelima menggunakan Imassively parallel processor (MMP) yang telah dibahas didepan. Dengan pendekatan seperti ini, computer yang murah dapat dibuat untuk menyaingi kecepatan supercomputer.
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri.


Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan,banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud.Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia.Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin.Fasilitas ini tampak sederhana.Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel,yang akan menggantikan model von Neumann.Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

g. Komputer Generasi Ke Enam ( Masa Depan )
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Kemungkinan Komputer Masa Depan. Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.




4. Sistem Komputer ( Perangkat dan Fungsinya )
Komputer merupakan system yang terdiri dari rangkaian komponen-komponen yang berbeda yang bekerja sama. Empat komponen utama sebuah system komputer adalah: input devices, Central Processing Unit (CPU), backing storage ( stroge devices ), dan output devices, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Input Devices dan output devices dikelompokkan dalansatu bagian yang disebut periferal yang terletak di sisi luar casing computer. Central Processing Unit (CPU) dan Backing Storage dikelompokkan sebagai komputer, dan biasanya terletak di dalam casing utama komputer.
Untuk melaksanakan tat kerja itu diperlukan 3 unsur pelaksana yang terdiri dari:

a. Perangkat Keras (Hardware)
Hardware adalah segala peralatan computer yang dapat dilihat dan dipegang (bersifat fisik), terdiri dari:
1. Peralatan Input
Peralatan yang dimaksud dengan peralatan input atau masukan adalah peralatan yang berfungsi untuk menerima dan yang diberikan oleh manusia atau peralatan lainnya dan mengirimkan data tersebut dalam bentuk digital kepada komputer.
Beberapa peralatan masukan yang umum digunakan adalah:
a. Keyboard (papan ketik)
b. Mouse
c. Joystick dan Paddle
d. Scanner
e. Graphic Tablets atau Graphics Pads
f. Computer Aided Design (CAD)
g. Personal Digital Assistant (PDA)
h. Mikropon (Microphone)

Berikut akan dijelaskan mengenai peralatn input tersebut:
a. Keyboard
Keyboard merupakan alat input yang paling umum pada computer dan media input yang merupakan sarana pendukung utama untuk dapat menampilkan huruf, angka dan lain-lain, juga sebagai sarana untuk menjalankan perintah user (pemakai computer). Perlu anda ketahui bahwa keyboard merupakan alat paling lamban dari semua alat input. Keyboard mengkonsumsi arus listrik yang sangat rendah untuk mengirim impuls listrik ke CPU ketika Anda menekan sebuah tombol. Karena arus listrik yang rendah inilah sangat sedikit kejutan listrik dari keyboard sehingga tindakan pencegahan keselamatan (safety precaution) tidak diperlukan ketika menggunakannya.



Fungsi Keyboard
Pada dasarnya keyboard dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1. Typewriter Key
Yang dimaksudkan dengan Typewriter Key adalah tombol yang fungsinya sama dengan yang ada pada mesin tik. Fungsi dai tombol Typewriter Key adalah:
Back Space : Menghapus kearah kiri satu huruf
Caps Lock : Membuat huruf besar secara tetap
Delete : Menghapus satu huruf tepat dikursor
Esc : Untuk membatalkan perintah/proses.
End : Menuju akhir halaman/lembar kerja
Enter : Memproses perintah
Home : Menuju awal halaman/ lembar kerja
Insert : Untuk Menyisipkan huruf/kata/kalimat
Page Up : Menggulung lembar kerja 20 baris ke atas
Page Down : Menggulung lembar kerja 20 baris ke bawah.
2. Numeric Key
Tombol numeric ini akan berfungsi sebagai tombol numeric. Tombol Numerik Lock dalam posisi On, tetapi jika tombol Numerik Lock ini pada posisi off maka akan berubah fungsi menjadi tombol Typewriter.
Biasanya pada keyboard dengan jumlah tombol 80 buah, kelompok numeric ini akan selalu dipergunakan secara ganda yaitu sebagai Typewriter Key dan juga sebagai Numerik Key.
Tombol-tombol tersebut yaitu:
<0> s/d <9> : Tombol Angka
< .> : Tombol untuk membuat angka decimal
</> : Tombol bagi
<+> : Tombol tambah
<-> : Tombol kurang
3. Function Key
Tombol ini terdiri dari 10 tombol untuk keyboard 80 key dan 12 tombol untuk keyboard 101 key, yang dimulai dari tombol sampai dengan tombol sedangkan masing-masing kegunaannya tidak sama tergantung pada program yang sedang dijalankan, misalnya untuk DOS lain dengan untuk WS atau Lotus.
4. Special Function Key
Special Key adalah tombol yang akan berfungsi jika digabung dengan tombol lain. Tombol-tombol special key yaitu:
Alt : Alternate
Ctrl : Control
Num Lock : Mengaktifkan 10 tombol angka di atas menjadi numeric atau alphanumerik.
Print Scrn : Mencetak apa yang tampil dimonitor
Scroll Lock : Untuk Mengunci kursor, sehingga yang bergerak adalah lembar kerjanya bukan kursornya.

b. Mouse
Mouse adalah nama alat yang digunakan sebagai penunjuk (painting device) pada sofeware berbasis Windows. Disebut Mouse karena alat ini mirip seekor tikus. Sekarang banyak tersedia tipe-tipe mouse. Setiap tipe mempunyai keistimewaan (feature) pemakaiannya dan tergantung selera pengguna. Sebuah mouse merupakan peralatan penting dalam program paket grafik dan seni rupa (drawing). Mouse sangat terasa manfaatnya ketika anda bergerak mengitari dokumen dalam sebuah pegolahan kata (MS WORD) atau pengolahan angka (MS EXCEL). Kita juga dapat memilih pilihan (option) menu drop-down dengan mengkliknya dengan mouse.
Tombol kanan dan kiri mouse memudahkan pengguna untuk mengaktifkan aplikasi atau fungsi pada sebuah software tertentu. Mouse generasi terbaru dapat menyimpan data atau menggulung halaman dokumen hanya dengan mengklik sebuah tombol dan menerapkan teknologi tanpa kabel (wireless).





c. Joystick dan Paddle
Joystick adalah alat penunjuk popular untuk game computer meskipun dapat digunakan untuk aktivitas lain. Alat ini biasanya mempunyai landasan plastic persegi atau segiempat tempat tuas vertical. Tombol control ditempatkan pada dasar dan terkadang diatas tuas. Tuas ini dapat digerakkkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor. Cara kerjanya mirip dengan mouse. Dalam beberapa kasus, joystick dapat juga digunakan untuk paket grafis. Ada dua jenis Joystick: analog dan digital. Jenis Digital lebih baik karena terdapat sebuah Analogue to Digital Converter (ADC) dan dapat mengkonversi sinyal secara langsungke CPU.
Games Paddle bekerja seperti Joystick yang memiliki tombol kanan dan kiri serta tombol atas dan bawah yang mengontrol gerak. Games Paddle mempunyai tombol yang dapat deprogram untuk berbagai jenis fungsi-fungsi game computer.



d. Scanner
Scanner didesain untuk menyalin gambar ke memori computer. Banyak sekali jenis-jenis scanner yang tersedia, tergantung pada ketajaman dan resolusi warna.
Disamping itu untuk meggambar, scanner juga dapat menyalin teks yang sering disebut system Optical Character Recognition atau OCR yang bisa digunakan untuk membaca LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ujian Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi. Software OCR diperoleh secara terpisah.



e. Graphics Tablets atau Graphics Pads.
Graphics Tablets atau Graphics Pads didesain untuk menggambar objek di monitor computer Anda. Salah satu fungsi umum graphics tablet adalah teknologi Computer ided Design (CAD) yang sering dipakai para desainer, insinyur, dan arsitek yang bekerja dibidang rancang bangun gedung, rumah, atau pesawat terbang.
Ada dua jenis Graphics pad yang ada saat ini. Jenis pertama menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke bantalan (pad) denagn mengkonsumsi tegangan rendah. Ketika pengguna menggambar dipermukaan membrane sensitive sentuhan (touch sensitive membrane surface) dari bantalan, tegangan yang berbeda dikonversi menggunakan ADC dan mengirimkannya ke computer untuk diterjemahkan sebagai koordinat X-Y. Jenis kedua masih menggunakan bantalan sensitive (touch sensitive pad) tetapi tidak menggunakan jarum. Hal ini dimaksudkan agar kertas gambar bisa diletakkan pada bantalan dan kemudian dijejaki dengan pensil. Hasilnya dikonversikan sesuai dengan tamoilan pada monitor.

f. Computer ided Design (CAD)
Computer aided Design (CAD merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk program rancang bangun, rekayasa, arsitektur, dan model-model ilmiah, mulai dari alat sederhana sampai rancangan gedung bertingkat, pesawat terbang dan lain-lain. CAD menggunakan graphic tablet khusus, papan gambar, dan penunjuk.
Pekerjaan ini mirip dengan graphics tablet konvensional dan memiliki keunggulan kecepatan produktivitas. Alat ini dapat membantu pekerjaan pada proyek-proyek yang mestinya menelan waktu berbulan-bulan, akhirnya dapat diselesaikan dalam beberapa minggu dan bahkan beberapa hari saja.

g. Personal Digital Assistant (PDA)
Sebuah bantalan tulis (writing pad) menggunakan layar sensitive sentuhan (Touch sensitive screen) untuk mengenali tanda/symbol tanpa menggunakan jarum atau pen. Kemudian mengkonversikan tanda ini menggunakan processor internalnya sendiri dan rangkaian didalam sinyal digital. Bantalan tulis menampilkan tanda /symbol lengsung dari monitor LCD dan tidak harus member masukan ke komputer untuk mengolah da menayangkan sejumlah tanda atau data anda.

h. Mikropon (Microphone)
Sistem pengenalan suara (voice recognition system) sekarang ini banyak tersedia bahkan diemperan jalan ( kaki lima ). Harganya murah. Keunggulannya adalah dapat digunakan oleh orang yang tidak mampu mengontrol operasi computer.

2. Peralatan Proses
Didalam kotak computer terdapat dua bagian perangkat pemroses, yaitu:
a. Central Processing Unit (CPU) atau Unit Pemprocesan Utama.
Bagian ini seolah-olah menjadi otak dari computer. Disebut demikian karena didalam CPU inilah segala kegiatan proses dilaksanakan berdasarkan program CPU dapat dibagi atas dua bagian yaitu:
1. Unit Hitung dan Logika ( Arithmetical and Logical Unit) berfungsi melakukan operasi metematik dan logika
2. Unit Kontrol (Control Unit) berfungsi mengontrol kegiatan unit yang lainnya.



b. Memory Induk (Main Memory)
Memori adalah unut/ peralatan yang dipergunakan untuk menyimpan data, perintah (program) srta hasil proses yang telah masuk dan telah dikerjakan oleh computer.
Suatu ukuran yang menggambarkan besarnya memory computer adalah byte, 1 byte= 1 karakter (satu angka atau satu huruf). Berikut ini sususnan satuan memory:
1 byte : 1 karakter ( 1 angka atau huruf )
1 kilobyte (KB) : 1024 byte
1 megabyte (MB) : 1024 Kb
1 gigabyte (GB) : 1024 MB
Memory induk terdiri dari:
(1). RAM (Read Acces Memory)
RAM adalah memory yang bisa dibaca dan ditulis. Data yang dibaca atau ditulis kedisket dan data yang kita masukkan melalui keyboard akan disimpan didalam RAM.
Sifat-sifat data yang ada dalam RAM:
a. Dimasukkan oleh pemakai computer
b. Tidak permanen atau tetap, artinya data yang dimasukkan bisa diubah dan bila listrik mati atau terputus maka data tesebut akan hilang.
(2). ROM (Read Only Memory)
ROM adalah memory yang hanya bisa dibaca saja. Penulisan data kedalam ROM dilakukan oleh pabrik pembuat computer, sehingga sifatnya permanen atau tetap ada meskipun aliran listrik terputus. Ada jenis ROM yang tidak dapat dihapus datanya, tetapi ada juga ROM yang dapat dihapus datanya dengan menggunakan sinar ultraviolet.

3. Peralatan Output
Perangkat Output adalah alat yang dikendalikan computer untuk menghasilkan informasi ke pengguna. Contoh alat input adalah sebagai berikut:
a. Layar (Monitor/screen)
Monitor berfungsi sebagi alat keluaran saja, karena monitor hanya digunakan untuk menampilkan pesan dan data hasil pengolahan. Layar monitor terdiri dari sususnan berjuta-juta titik cahaya (pixel). Intensitas cahaya dan warna setiap pixel dikendalikan oleh CPU. Pabrik menyediakan monitor dari berbagai jenis. Dalam hal warna dikenal monitor warna dan monitor satu warna ( monokrom . Untuk monitor warna tersedia mulai dari hanya 4 warna sampai ribuan warna dengan tingkat ketelitian gambar (resolusi) yang berbeda-beda. Makin tinggi resolusi layar, makin halus tampilannya.
Adapun jenis-jenis layar adalah sebagai berikut:
MDA : dengan hanya dua warna
CGA : dengan 16 warna
EGA : dengan 64 warna
VGA : dengan 256 pilihan warna
Super VGA : dengan 256 pilihan warna, tetapi gambarnya lebih halus dan lebih jelas

b.Printer
Printer berfungsi sebagai alat keluaran cetakan saja, karena printer hanya digunakan untuk menerima data dari computer. Data-data yang diterimanya akan diterjemahkan menjadi tulisan dan gambar yang tercetak dikertas.
Bila ditinjau dari cara printer mencetak pada kertas maka dikenal:
1). Printer pukulan (impact) dimana terdapat jarum-jarum yang memukul pita, misalnya printer dot.
2). Printer non impact yaitu printer yang menggunakan system sinar laser, system semprot, dan lain-lain.



4. Penyimpanan Cadangan (Backing Storage)
Penyimpanan cadangan merupakan penyimpanan semua informasi non aktif didalam computer. Ada dua jenis utama alat penyimpanan cadangan yaitu: Serial Accsess, contohnya tape drive, dan Direct Access, contohnya disk magnetis, yaitu harddisk, floppy disk (diskette), CD/DVD ROM, Tape Drive, Magnetic Tape.

a. Harddisk
Harddisk banyak menangani program dan menyimoan data di komputer. Untuk alasan ini hardisk memiliki kapasitas simpan yang besar. Kapasitas Hardisk diukur dalam satuan gigabyte.



b. Floppy Disk
Floppy Disk lebih dikenal dengan nama disket yang merupakan alat penyimpanan data dan menangani data 1,44 Megabyte.

c. CD-ROM
Kebanyakan software yang ada sekarang ini berada dalam CD-ROM (Compact Disk-Read Only Memory). Hal ini karena CD dapat menangani data lebih banyak, sambai 700 MB.





b. Perangkat Lunak ( Software )
Software (perangkat lunak adalah kumpulan data serta instruksi yang member sifat “hidup” pada computer. Mesin computer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatannya tanpa adanya software. Melalui software inilah kita bisa meminta computer untuk menghitung, menggambar, mengeluarkan suara dan lain-lain.
Dengan demikian sifat-sifat software adalah perangkat yang tidak dapat dipegang secara fisik, hanya dirasakan manfaatnya.
Software berupa program-program yang berfungsi mangatur kerja hardware:
Ada 4 kelompokn dalam software:
1). Sistem Operasi (Operating System)
Operating System adalah software yang sifatnya sangat mendasar dan bertujuan agar rangkaian elektronik (hardware) bisa bekerja serta mampu melakukan fungsi-fungsi tertentu, misalnya membooting computer, mengolah disket ( seperti memformat disket ) dan lain-lain.
Sofware yang tergolong dalam system operasi, misalnya:
a. MS DOS (Micro Soft Disk Operating System)
b. PCDOS (Personal Computer Disk Operating System)
Kedua software tersebut lebih dikenal dengan istilah “DOS” saja.
2). Alat Bantu (Utility)
Bertugas sebagai “pembantu” kerja system operasi. Dengan alat bantu ini maka apa yang dapat dikerjakan system operasi dapat ditingkatkan kualitas hasilnya, kecepatannya, ketepatannya dan keindahan tampilannya.
Contohnya: PC-Tools dan Norton Utility.
3). Bahasa Pemprograman (Programming Language)
Bahasa pemprograman adalah software yang memungkinkan pemakai computer berkomunikasi langsung dengan hardware, antara komputer dengan peralatannya, atau antara computer dengan computer lainnya. Seperti halnya bahasa manusia (bahasa Indonesia, Inggris, dan lain-lain), bahasa pemograman memiliki kosa kata dan aturan penggunaannya tertentu. Komunikasi antara manusia dengan computer (melalui bahasa pemograman) diwujudkan dalam bentuk urutan-urutan perintah yang disebut PROGRAM.
Contohnya: Bahasa BASIC, Bahasa Pascal, dan bahasa FORTRAN.
4). Program paket (Package Program)
Paket Program adalah software yang dibuat oleh perusahaan pembuat software (Software house). Dengan demikian kelompok ini menyediakan program-program yang siap pakai. Paket program yang digunakan untuk keperluan-keperluan yang sifatnya umum.
Contohnya:
a. Wordstar (untuk pengetikan kata)
b. Lotus 1,2, dan 3 (untuk pengolahan angka)
c. Banner Mania ( untuk tulisan-tulisan indah)
d. News Master (untuk tulisan indah dan gambar)

c. Manusia (Brainware)
Manusia mempunyai tugas yang berbeda-beda pada computer, ada yang bertugas sebagai perancang, pemogram, dan ada yang sebagai pemakai.
Menurut tugasnya manusia dapat dikelompokkan menjadi:
1. System Analys and Design (Perancang dan Penganalisis)
Sistem Analyst ini bertugas merancang atau meganalisis system baru atau system yang sudah ada untuk diperbaiki. Untuk software yang akan dibuat, System Aalyst dan Design akan memberikan rincian mengenai rancangan program yaitu mengenai data yang harus dibaca, proses pengolahan dan informasi yang harus diberikan.
Bagian-bagian dari program-program tersebut diselesaikan oleh programmer, setelah selesai baru System Analyst dan Design menggabungkan seluruh bagian program tersebut dan memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan rancangan.
2. Programmer
Programmer adalah orang yang membuat program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan System Analyst dan Design. Program yang dibuat dapat merupakan program peket keseluruhan (untuk program kecil sampai menengah), atau bagian-bagian kecil dari suatu rencana program yang besar, dan programmer juga bertanggung jawab terhadap uji coba program yang dibuatnya untuk memastikan bahwa program tersebut telah sesuai dengan spesifikasi yang telah diberikan oleh System Analust dan Design.
3. Operator
Operator adalah orang yang menjalankan program. Seorang operator tidak perlu pusing merancang system mau pun cara-cara membuat program, sebab ia hanya bertugas untuk memasukkan data ke program yang telah dibuat oleh programmer.
4. Teknisi
Teknisi adalah orang yang bertugas melakukan perawatan dan perbaikan hardware computer yang mengalami kerusakan.
5. Keuntungan dan Kerugian Komputer
a. Keuntungan Komputer
1. Dapat Mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan tepat.
2. Komputer tidak kenal lelah
3. Dapat menyimpan data dan membaca kembali untuk diolah kembali.
4. Dapat mengolah dan menyimpan data dalam jumlah yang besar dan masih banyak kelebihan dari komputer.
b. Kerugian Komputer
1. Membutuhkan operator yang cakap agar dapat mengolah dan memberikan informasi yang tepat.
2. Untuk membuat atau menyusun program computer paling tidak harus belajar bahasa peograman.
3. Komputer sangat peka terhadap perubahan tegangan listrik sehingga sering data hilang dikarenakan perubahan kecil dari tegangan listrik.
4. Membutuhkan tempat penyimpanan data khusus ( disket dan hardisk ), tetapi sarana penyimpanan data tersebut mudah sekali rusak sehingga memerlukan perawatan khusus.

Referensi
Daryanto. 2004. Keterampilan Dasar Pengoperasian Komputer. Bandung: Yrama Widya
Fathansyah. 2004. Buku Teks Komputer Basis Data. Bandung: Informatika
http://blogbintang.com/manfaat-teknologi-komputer
http://blogvrman.blogspot.com/2009/10/manfaat-komputer-dalam-kehidupan-sehari.html
http://www.scribd.com/doc/16890796/Manfaat-Komputer
Kadir, Abdul. 2002. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI
Syamsuardi. 2004. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar